Saipul Mbuinga : Pentingnya Menjaga Kelestarian Budaya Daerah | news.dailypost.id

Menu

Mode Gelap
Admin Desak IBF Laporkan Rahmat Ambo, Iskandar Manggopa: Semua Berproses! TKA Asal China Diduga Aniaya Pekerja Lokal di PLTMH Poduwoma Suwawa Timur Polres Bonebol Amankan 3 Orang Pelaku Pemerkosaan dan Penganiayaan Diduga Hanya Karena Warisan, Adik Di Batudaa Tebas Kakak Hingga Tewas Bonebol Miliki Alat Uji Statis Kendaraan Pertama di Provinsi Gorontalo

Adat & Budaya · 28 Des 2021 21:05 WIB ·

Saipul Mbuinga : Pentingnya Menjaga Kelestarian Budaya Daerah


 Saipul Mbuinga : Pentingnya Menjaga Kelestarian Budaya Daerah Perbesar

DAILYPOST.ID,Pohuwato- Dalam rangka mengisi kekosongan pemangku adat yang berada di Kabupaten Pohuwato, Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato menggelar pelaksanaan sidang adat yang dihadiri langsung Bupato Pohuwato Saipul A.Mbuinga, Wakil Bupati Suharsi Igirisa, Sekda Iskandar Datau, bersama unsur Forkopimda Pohuwato.

Kegiatan yang berlangsung di rumah adat itu, diawali dengan pengukuhan pemangku adat Pohuwato oleh bate lo hulontalo, dan bate lo limutu loo loo’po to boalemo. Adapun pemangku adat Pohuwato Asmat N. Tuna resmi di angkat menjadi Bate loo Loopo to Pohuwato menggantikan Bani Imran Kaluku. Kemudian Rahman Pakili, Drs. Syaiful Ali Sabu, Kadhi , Wisno Pakaya, S.Pd, Hakimu, Kisman Mooduto, S.Pd Tolomato lo Pohutu, Asram Husuna, juga resmi di angkat sebagai Imam Besar Masjid Agung Pohuwato.

Baca Juga:   Wabup Suharsi Igirisa Pimpin Rapat Persiapan HUT Pohuwato ke-19

Bupati Saipul Mbuinga dalam sambutannya mengatakan, keberadaan para pemangku adat disetiap daerah sangatlah penting, karena pada dasarnya, pemimpin yang terpilih, baik pemimpin pemerintahan, pemangku adat, ataupun pemimpin lembaga keagamaan, sebelum memangku jabatannya dan menjalankan tugasnya, harus terlebih dahulu diawali dengan pengukuhan secara adat yang disertai dengan prosesi tahuli atau petua leluhur yang berisi nasehat.

“Keberadaan para pemangku adat ini sangatlah penting, makanya kita dari pemda, akan terus memperhatikan dan mengambil peranan penuh terhadap upaya pelestarian adat istiadat, baik adat istiadat etnis Gorontalo khususnya di wilayah Kabupaten Pohuwato,” kata Bupati, Selasa (28/12/2021).

Kepada para pemangku adat yang telah resmi dikukuhkan kata Bupati, dirinya turut menyampaikan selamat menjalankan tugas dan kepada pemangku jabatan sebelumnya dirinya juga turut mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian para pemangku adat.

Baca Juga:   Perluas Cakupan Layanan Kebersihan, Pemkot Gorontalo Tambah 2 Truk Armada Roll

“Kepada para pemangku adat yang telah di kukuhkan saya ucapkan selamat, dan Kepada pemangku jabatan sebelumnya yang telah selesai menyelesaikan tugas , saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi dan pengabdiannya, semoga beroleh nilai pahala dari Allah SWT,” ujar Bupati.

Dalam kegiatan pelantikkan para pemangku adat di Kabupaten Pohuwato ini, turut di hadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Mohammad, para Camat, Kepala Desa, Qhadi Kota Gorontalo, Bate lo Hulontalo, Bate lo Limutu loo loopo to boalemo, bate lo hulantalo loo loopo to pohuwato, bate lo hulondalo to kota timur, para imam, bate, wuu dan hakimu kecamatan se-kabupaten Pohuwato. (Adv/Daily31)

 

 

Baca Juga:   Gempur Vaksinasi, Pemkab Sergai Terus Libatkan ASN dan Tenaga Kontrak

 

Gunakan akun FB untuk Berkomentar
Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Aleg Deprov Fadli Hasan Tampung Aspirasi Warga Yosonegoro

16 Februari 2022 - 21:09 WIB

Hadiri Penandatangan Kontrak Kinerja Pejabat dan ASN, Ini Harapan Sekda Bonebol

16 Februari 2022 - 19:03 WIB

IMG-20220216-WA0116-1aeff5cd

Permudah Wajib Pajak, Pemkot Gorontalo Jalin Kerja Sama Dengan PT. Bank Mandiri

16 Februari 2022 - 14:38 WIB

Permudah Wajib Pajak, Pemkot Gorontalo Jalin Kerja Sama Dengan PT. Bank Mandiri

5 Fraksi DPRD Gorut Kawal RKPD Tahun 2023

16 Februari 2022 - 13:56 WIB

Tekad Daud Syarief Lanjutkan Perjuangan Alm.Djafar Ismail

16 Februari 2022 - 12:45 WIB

Masuk Percontohan CRIC, Kota Gorontalo Mulai Pelatihan Mitigasi Penyusunan Baseline GRK

16 Februari 2022 - 11:52 WIB

IMG-20220216-WA0034-82d89f6c
Trending di Advetorial News